Wartawan Kompass Indonesia dibekali Kartu Pers yang masih berlaku dan Namanya tercantum dalam BOX REDAKSI ..:: Alamat Redaksi : Jalan Meruya Ilir Raya No. 20, Kembangan Jakarta Barat 11650 - Telp. 021-92280788 ::..

Minggu, 08 Juli 2012

Asnam, S.Pd, Kepala SLTPN 4 Karawang Barat : Faktor Kelulusan SMP Ditentukan Oleh Siswa

Karawang, Kompass Indonesia - Banyaknya bidang study yang diajarkan, diharapkan dapat menjadikan seorang siswa selain berilmu, cerdas dan mampu membaca gejala dan situasi zaman yang semakin berkembang juga dapat beradaptasi terhadap lingkungan sekitar, hal ini dikatakan kepala sekolah SLTPN 4 Karawang Barat, Asnam, SPd, Kepada KI beberapa waktu lalu, diruang kerjanya.

“ Kalaupun ada ujian dan ujian akhir, selain sebagai pembanding hasil kemampuan kompetensi belajar siswa itu sendiri juga mengukur sejauh mana mata pelajaran yang diterimanya selama mereka bersekolah”, tambahnya.

Sesuatu yang perlu diingat, khususnya bagi siswa kelas 3 dan juga wali muridnya yang sedang menghadapi ujian dan pasca kelulusan nanti, selain nilai sekolah juga nilai 4 mata pelajaran yang akan diujikan akan menentukan kelulusan siswa itu sendiri, antaranya : Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Ingris dan IPS.

Hasil UN  beserta nilai raport siswa dari semester pertama hingga semester kelima seluruhnya dibawa sekolah langsung ke Dinas Pendidikan Wilayah, sehingga sekolah tidak dapat melakukan penambahan atau pengurangan nilai dalam kelulusan nanti.

“Untuk itulah, selain siswa harus rajin belajar, juga tidak ada alasan wali murid untuk menyalahkan sekolah, seandainya murid yang bersangkutan tidak lulus dalam menghadapi UN nanti, jadi lebih jelasnya nilai kelulusan itu selain rata rata raport dari semester I sampai V yang dikalikan 40 %, Ujian Praktek dan Teori dikalikan 60 persen kemudian dijumlah dan dikalikan kembali 40 persen” jelasnya.
Ditahapan berikutnya, tambahnya, “Setelah itu jumlah nilai UN dikalikan 60 persen, kemudian kedua nilai, antara nilai Sekolah sekolah dan nilai UN dijumlah, baru dibagi 60 persen, itulah nilai kelulusan siswa sebenarnya,” tutup Kepala Sekolah kepada Kompass Indonesia. MS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda