Wartawan Kompass Indonesia dibekali Kartu Pers yang masih berlaku dan Namanya tercantum dalam BOX REDAKSI ..:: Alamat Redaksi : Jalan Meruya Ilir Raya No. 20, Kembangan Jakarta Barat 11650 - Telp. 021-92280788 ::..

Minggu, 08 Juli 2012

“SMP Terbuka Juga Bisa Berprestasi”

Garut, Kompass Indonesia - Kepala SMPN 1 Malambang Garut yang menjadi Induk SMP Terbuka (SMPT), Muslih, S.Pd mengatakan kepada Kompass Indonesia belum lama ini, bahwa sekolah yang dipimpinnya berbenah diri, baik segi penerapan pembelajaran materi bidang studi maupun pembenahan lainnya. "SMP Terbuka itu beda dengan SMP Reguler, sehingga membutuhkan konsentrasi penuh, alhamdullilah ada hasil," kata Muslih.

Menurutnya, terkadang "Kita memandang sebelah mata akan prestasi SMP terbuka, namun sayangnya hal tersebut sama sekali berbeda dengan apa yang dialami SMP Terbuka di SMPN 1 Malambong Garut. Para guru dan siswa sangat bersemangat dalam menjalankan proses belajar dan mengajar dikelas, terlebih lagi SMPT yang berada disekolah kami tidak dikenakan biaya, melainkan mereka mendapatkan biaya insentif untuk membeli buku dan transport," ucap Muslih.

Terkait dengan kualitas tenaga pengajar, menurut Muslih, S.Pd, tidak kalah baiknya dengan SMPN lainnya. "Para guru di SMPT banyak yang berasal dari guru-guru pengajar SMPN 1 Malambong dan beberapa dari mereka ada juga yang berasal dari masyarakat sekitar. Jadi hampir tidak ada bedanya guru pengajar di SMPT dan SMPN," aku Kepsek ini.

Saat ini, menurut Muslih,S.Pd pihaknya sedang fokus dengan peningkatan nilai kelulusan dan penambahan jatah murid. "Melihat animo yang tinggi dari masyarakat, kita tahun ini akan melakukan penambahan dan rehabilitasi ruangan kelas," ucapnya.

Penambahan daya tampung SMPT dilakukan dengan mengoptimalkan kemampuan daya tampung SMP Terbuka pada TKB yang telah ada. Apabila sangat diperlukan memang dapat didirikan SMP Terbuka baru disertai dengan verifikasi dan studi kelayakan.
 

Ditambahkan Muslih, S.Pd, "Pemerintah kita sesungguhnya tidak bermaksud membedakan antara sekolah SMPN dan SMP Terbuka. Sehingga tidak boleh lagi ada perasaan bahwa SMPT lebih rendah dari sekolah SMPN, karena bukti SMPT yang di sekolah ini juga berprestasi. Reformasi pendidikan merupakan respon terhadap perkembangan tuntutan global sebagai suatu upaya untuk mengadaptasikan sistem pendidikan yang mampu mengembangkan SDM. Untuk memenuhi tuntutan zaman yang sdang berkembang. Untuk itu pengemba-ngan dan pelaksanaan pendidikan dalam rangka pe-ningkatan SDM terus dilakukan," tutur Muslih. Mawardi

1 komentar:

  1. Sering di kecewakan oleh website lain? Coba di JAGODOMINO disini kami berkomitmen untuk menjaga kenyamanan dan kepuasan bagi setiap member kami... Prinsip kami Member nomor 1 oleh karena itu CS kami yang berpengalaman siap membantu Anda 24/7... Di JAGODOMINO kami juga memberikan BONUS - BONUS MENARIK......

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
    * LIVECHAT Jago188(dot)net
    * PIN BBM : 2AF6F43D
    * WA : +855717086677
    * LINE : Jagodomino

    Salam Sukses Jagodomino

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda